RSS

Memperbaiki mode recovery yang terhapus di Android

07 Sep

Seminggu yang lalu gue dateng ke Nexian dan berencana untuk upgrade Journey dari Donuts ke Eclair karena mereka sudah menyiapkan firmware update dan pemilik diminta datang ke Service Center yang ada di Bluedot Center.

Setelah menunggu berjam-jam karena antrian yang luar biasa, akhirnya teknisi datang ke meja customer service dan membawa Journey kesayangan gue yang saat ini lebih berharga daripada Blackberry Bold gue, dikatakan bahwa Journey gw ada indikasi pernah di root dan tidak bisa diupdate, jadi kemungkinan akan stay terus di versi donuts, atau harus ganti board. Hah ??? Ini baru ajaib….

Gue tanya terus-terusan ke teknisinya sampe dia emosi dan dibilang bahwa ini resiko bahwa gue pernah ngeroot. Gue bilang kalo gue sampe pernah flash ROM baru, bolehlah dia beranggapan demikian, dan dia bilang bahwa Engineering Mode tidak berfungsi karena pernah di Root. Gue tanya balik, Engineering Mode ini FTM mode apa Recovery Mode ? dia ga bisa jawab (heran) …. Intinya, memory card gw diminta dan harus ninggal disana. Karena banyak data data penting, gue tolak dulu lah ninggal memory card disana.

Besoknya gue minta temen gue dateng ke Nexian dengan membawa Journey gue, dia mengaku bahwa itu punya dia. Tetep gw dibilang tidak jujur dengan alasan ngga ngasih tau ke temen gue kalo Journey itu pernah di root ….

Intinya tetep Journey minta ditinggal beserta memory card dengan alasan mau dilihat track recordnya bahwa Journey gw itu pernah di root. Beberapa hari kemudian, teknisi Nexian nelp ke temen gue dan bilang punya bukti di recycle bin bahwa Journey ini pernah di root  -.-‘ makin aneeeehhhhh….. Emang ada installer bisa dijadiin bukti bahwa Device pernah di root ?

Intinya. Memang Journey ini PERNAH gue root, tapi gue menolak kalau dibilang rooting ini bisa merusak device. Karena memang masih berfungsi seperti sedia kala, hanya kata teknisi Nexian tidak bisa diupdate. Sore tadi temen gue ngambil Nexian gue lagi dan gue mulai coba update ROM sendiri. Manualnya bisa diliat disini ^_^ ….

Setelah gue coba teliti permasalahannya, memang masalah terjadi di recovery mode yang tidak bisa diakses melalui tombol [Sound Up] + [Camera] + [Power]. Trus gue coba jalanin fastboot mode [Hang Up] + [Sound Down] + [Power], dan bisa !!!

Oke, gw cari lah third party recovery ROM dan nemu dari Thailand. Dan ini step yang gue lakuin

  1. Matikan Android dan masuk ke fastboot mode dengan menekan [Hang Up] + [Sound Down] + [Power]
  2. Wipe data dengan menjalankan “fastboot -w” (Tanpa tanda kutip).
  3. Jalankan “fastboot flash recovery [image recovery]” (Tanpa tanda kutip) di command prompt.
  4. Setelah selesai, jalankan “fastboot reboot” (Tanpa tanda kutip).
  5. Matikan kembali Android.
  6. Masuk ke recovery mode dengan cara menekan [Hang Up] + [Sound Down] + [Power].
  7. Android siap di inject dengan ROM Eclair !🙂

Ternyata gak sulit ^_^ ….

 
11 Comments

Posted by on September 7, 2010 in Android Blog

 

11 responses to “Memperbaiki mode recovery yang terhapus di Android

  1. zimzz

    September 24, 2010 at 1:19 am

    kalo mau ganti google acoount yang lama ko gag bisa ya ?
    Sudah dilakukan:
    1. Clear Data di Gmail, Google Apps, dan Gmail Storage. Waktu saya
    jalankan Gtalk lagi muncul halaman setup account tapi saat sign in selalu muncul pesan cannot establish connection. Udah googling2 munculnya diminta hard reset. Ada yang tau cara solve problem ini ga tanpa hard reset. Magic saya pakai froyo
    2. Menghapus semua data & cache di semua applikasi google.
    3. Mengganti ROM dengan ROM yang lain
    4. Factory reset (kalo habis reboot,baliknya ke WM,jadi proses resetnya selalu tidak tuntas)

    mohon pencerahannya

     
  2. nubitol

    September 24, 2010 at 10:03 am

    Setelah tekan hang up+volume down+power ga ada tampilan recovery tuh mas…. trus gmn cara upgradenya ke eclair kan ga bisa ke recovery.
    mohon penjelsannya.
    terima kasih

     
  3. Haris

    September 24, 2010 at 10:07 am

    @nubitol, download recovery ROM yang ada di link http://droidsans.com/A88-Recovery-Rom-App2SD

    lakukan step 1-7 untuk inject recovery ROM yang baru ke Android🙂

     
  4. Haris

    September 24, 2010 at 10:08 am

    @zimzz Kalau gw sih masuk ke fastboot mode dan ketik “fastboot -w” tanpa tanda kutip dari command prompt, semua privacy data langsung terhapus
    😉

     
  5. Syamil

    October 19, 2010 at 5:17 pm

    Waduh, kalo ganti board/ROM biayanya berapa tuh? Dikasih tau ga?
    Kebetulan Journey punya saya matot nih, alias mati total karna gagal ngeflash ROM.
    FTM mode g bisa, recovery mode n fastboot mode jg ga bisa.

    Hiks…
    Kalo masih garansi, gratis ga ya benerin di service centernya…

     
  6. ipras

    February 16, 2011 at 7:44 pm

    Aku kejadian kayak gitu ndan…
    besok baru mau tak coba cara diatas? tapi linknya recovery mana? itu link webnya ga ada link recovery

    ipras

     
  7. Haris

    February 17, 2011 at 1:51 pm

    Install clockwork mod recovery aja buatan cyanogen. Udah support buat Juned kok. Unduh dari market

     
  8. alfi

    August 10, 2011 at 8:44 pm

    mas klo utk masuk fastboot androidnya iberry 999, android 2.2.1 ?

     
  9. Haris

    August 17, 2011 at 3:18 am

    Fastboot itu universal kok🙂

     
  10. nino

    March 13, 2015 at 8:18 am

    gan klw smua proses di recovery mode : no operation, gmna gan ?

     

Leave a Reply

 
