RSS

Android, Linux dan Kernel

09 Jun

Tulisan ini dibuat dalam bahasa Indonesia. Kenapa ? Karena saya ingin semua pengguna Indonesia tidak dibodohi oleh orang-orang luar yang sok mengaku kalau mereka memahami Android dengan baik, padahal tidak!

Berawal dari saya mendownload superAOSP kernel yang “katanya” memperbaiki performa batere pada ROM Cyanogen 7.0 dan ternyata blah! kernel itu kernelnya Eclair dan Froyo bukan kernel Gingerbread. Ini ngebuat gue sempet bete berminggu minggu karena gw harus nge-wipe Android gw lagi sehubungan dengan banyak aplikasi yang crash!

Jadi begini. Sistem Operasi itu ibarat tubuh seorang manusia. Untuk mengontrol jalannya tubuh itu dengan baik dan sempurna, Sistem Operasi memerlukan yang namanya Kernel.

Windows, *Nix, Solaris, Macintosh, iOS ataupun Blackberry OS, berani taruhan semua sistem operasi itu pasti punya Kernel.

Nah berbicara mengenai Sistem Operasi Android, ga ada bedanya kita membicarakan Sistem Operasi Linux.

“Hah!!! Masa Sih ? Kok Bisa ? ” | *PLAKKK* | “Baca dulu terusannya !”

Android itu ga lain adalah sebuah distribusi dari Linux. Buat yang awam dengan Linux, sebenernya dasar Sistem Operasi Linux itu adalah Sistem Operasi Unix, lalu kernel Unix itu dikembangkan sehingga mendukung perangkat-perangkat keras multimedia, sehingga Linux bisa menjalankan fungsi grafis dan suara semaksimal mungkin.

Makasih untuk Linus Torvalds yang udah membuat Kernel Linux pertama kali dan mendistribusikannya sebagai Open Source ke publik, perkembangan Linux menjadi super cepat dan merambah ke piranti mobile seperti Tungsten, Treo, dan sekarang Android.

Kembali ke masalah Kernel , versi Sistem Operasi Android akan selalu disesuaikan dengan Kernel yang mendukungnya. Bisa dibayangin kalau anda menginstall Gingerbread dengan Kernel Eclair ya artinya anda mempunyai badan dengan penampilan dan umur 35 tahun, tapi otaknya cuma se kualitas manusia dengan umur 5 tahun!

Nih, tabel versi Android dan Kernel yang mendukungnya yang gue rangkum dari Wikipedia

Build Version Nama OS Kernel Version
1.5 Cupcake 2.6.27
1.6 Donut 2.6.29
2.1 Eclair 2.6.29
2.2 Froyo 2.6.32
2.3.3
2.3.4
Gingerbread 2.6.35

Nah, berkaitan dengan versi Sistem Operasi yang meningkat, pasti juga dibarengi dengan kualitas dan performa Sistem Operasi yang lebih baik, dan tentunya memerlukan prosesor yang lebih tinggi. Pengalaman gue dengan Nexian Journey a.k.a Commtiva Z71 variant, begitu upgrade ke Gingerbread, sistem operasi terasa agak lambat dan akhirnya gue overclock ke 223 Mhz – 806Mhz.Kompensasinya : Batere boros! Wajar lah, dan ini resiko yang harus diambil.

Jadi ga perfect dong Android buatannya Cyanogen ?

*Uhuk* *keselek asep rokok*

Disini kita bicara masalah pembuatan aplikasi dengan sistem open source. Seluruh developer Cyanogen yang terlibat itu berusaha semaksimal mungkin untuk membuat Sistem Operasi terbaik untuk handphone yang sudah tidak di support oleh vendornya yang notabene developer ini ngga dibayar😐

Jadi wajar dong kalau mereka minta kita untuk BERSABAR ?

Nah mengenai Nexian Journey a.k.a Commtiva Z71 Variant yang kernelnya masih banyak masalah itu gue nilai WAJAR BANGET. Kenapa ? Foxconn selaku vendor dari Gadget tersebut ngga ngeluarin source code untuk Kernel handphone-nya waktu pertama kali di rilis ke publik. Sebenernya ini menyalahi kesepakatannya sama Google karena Android itu dibuat dengan Apache License, dan Kernel source nya harus dirilis ke publik pada saat handphone diluncurkan pertama kali. Tapi yah… Gue udah nyoba komplain tapi ga bisa. Harus dari sisi developer Kernel nya yang mengklaim tuntutan itu.

WAIT!!!! Gw ga ngerti Source Code! Makanan Apaan sih itu ?

OKEEEEE!!!! Gue jelasin !!!!

Setiap peranti lunak yang ada di dunia ini, ditulis dalam barisan barisan perintah komputer. Intinya di barisan barisan perintah itu, programmer memerintahkan prosesor berbagai macam instruksi untuk diolah. Dari barisan barisan perintah itu, programmer membentuk satu aplikasi yang sudah jadi dan dapat dipakai oleh user seenak udelnya, dengan batasan aplikasi yang sudah dibuat oleh programmer. Nah kita sebagai user ga pernah tau instruksi instruksi itu. Taunya cuma klik ini jalan, klik itu jalan. Mau tau kaya apa ? Mending jangan deh daripada langsung mual mual. *Ini Serius!*, gue sebagai programmer ngga menyarankan loh!

 

 

19 responses to “Android, Linux dan Kernel

  1. ipras

    June 9, 2011 at 6:50 pm

    Oke ini tulisan yg kita bahas kemarin ya.. hehe good semoga yg baca bisa ngerti maksudnya

     
  2. Haris

    June 9, 2011 at 7:02 pm

    Semoga, gue udah mencoba bikin dengan bahasa yang se-manusiawi mungkin😀

     
  3. martin

    June 10, 2011 at 1:01 pm

    mas, makasih ya penjelasannya, sekarang saya jd paham🙂

     
  4. jepe

    June 10, 2011 at 5:29 pm

    tapi ya itu gan. balik lagi ke penggunaan sih sebenarnya. kita mo pake gingerbread buat apa? game kah? apps kah? atau apa?

    tim cyanogen ngeluarin patch kernel superAOSP yang katanya kernel eclair atau froyo itu kan utk mengimprove battery lifenya gan. kalo mo performa bagus yah ndak usah upgred kernelnya. kalo ane, karena ane pribadi ngeflash ke ginger karena seneng sama beberapa tampilan visual dan naikin kelas juned ane😀

    ya kalo ndak suka dengan kernel superAOSP yang katanya masih kernel eclair atau froyo ya ndak usah di upgred. monggo pake kernel cyanogen yang emang boros batre itu.

    lagian henpon 600mhz sekelas juned ngapain juga dipaksain pake gingerbread. wong yang 1ghz juga masih jarang banget pake gingerbread.

     
  5. Haris

    June 11, 2011 at 10:40 am

    sama sama, makasih udah mampir ya🙂

     
  6. Haris

    June 11, 2011 at 10:46 am

    ada beberapa hal yang mau gw koreksi nih, maap ya 😀

    1. SuperAOSP itu bukan keluaran Cyanogen, itu buatan C Martinez Lozano. Tim Cyanogen ga kenal siapa dia. Gw udah nanya ke salah satu anggota tim nya.

    2. Gingerbread ngga punya minimum Processor speed requirement.

    3. Batere usage di CM7 boros parah karena Kernel nya ga sempurna. Foxconn ga pernah ngeluarin Kernel Source, jadi ini akal2an aja pakai Kernel Source nya Motorolla XT 502. Kernel ga sempurna ini yang buat Batere boros parah kalau pake HSDPA. sekarang kalau lg di luar, gw selalu switch ke 2G only. Pemakaian ‘autis’ bisa sehari kok🙂

    Anyway, makasih udah mampir dan ngasih komen ya Mas🙂

     
  7. dwi

    June 11, 2011 at 6:08 pm

    sorry gan, ane mau tanya2 nih…blm lama ini ane nyoba pake CM7+Kernel superAOSP, tp tetep boros gan..ane tinggal tidur jam 2 pagi batre msh 96% tp ane bangun jam 7 pagi, batre udah tinggal 66%..(gilaaaa…), terus ane coba maen game, bangsa 20 menit,BEEEEEETTTT…..udah tinggal 28% (what the….)..

    step by step ane udah ikutin semua cara penginstall ROM ini(CM7+kernel superAOSP), tp tetep boros menurut ane..
    berbeda dengan Phantom, dari jam 12 malem ane tinggal tidur sisa 90% (dengan keadaan yg sama dgn CM7), bangun tidur jam 9 pagi, batre masih 90%..baru ane cas lagi td jam 3 sore..

     
  8. Haris

    June 12, 2011 at 2:16 am

    hmmm. Gw mending sok ganteng daripada sok jago Ndan😀.
    Udah cek battery status? Coba diliat apa yang paling ngabisin batere

     
  9. ipras

    June 14, 2011 at 7:26 am

    Laris-laris…… blognya makin rame….

     
  10. crozzzlinx

    June 28, 2011 at 10:22 am

    wah,,lagi nyari artikel perkembangan linux malah nyantol kesini,, seep dah info nya,, salam kenal

     
  11. Haris

    June 30, 2011 at 9:57 am

    Salam kenal Gan. Thanks udah mampir

     
  12. icchanK

    July 12, 2011 at 7:13 am

    salam kenal gaN, isi blognya keren banget buaT qt gw yg gaptek jdi sdikit tw lbiH bxk SO,, gw mw nanya Gan, gw bru beli IpaD MiD buatan china, naH SO nya pke Google Android Versi 2.2,, selain betreinya cepeeeTT beeT, naH yg mengherankan Gue Uninstal beberpa aplikasi stelah gw matiin n nyalain kmbali Ehhh aplikasinya Nongol lg, mN app i2 pke bhs china lg jdi ngak ngerti jg pkenya bkiN penuhin aja Hardisk gw.. Mohon bantuannya yaa.. ap solusinya.. Trims🙂

     
  13. Haris

    July 12, 2011 at 8:39 pm

    Mungkin app nya itu berupa system app makanya ga bisa dihapus. Coba download uninstaller for root dari market, tapi harus root dulu tabletnya. Coba z4root. Biasanya sukses.

     
  14. icchanK

    July 12, 2011 at 11:44 pm

    oh iy4 gaN udaH, tpi ane ngak tw pke ap skrng udaH permanen, naH timbul msalaH baru niH Gan, kmaren sore gw mw muter Video bentuk .MPEG tpI android gw ngak bsa memutar, applikasi kY GOM player dll yg biasa d pke windows bsa ngaK di Instal n caranya gmN ?

     
  15. Haris

    August 17, 2011 at 3:18 am

    Pakai RockPlayer, download dari Market atau browsing aja cari apk nya

     
  16. nasyiin

    December 2, 2011 at 1:41 pm

    lam kenal bang.
    mau nanya nih, langsung sj ya…
    ini saya lagi butuh info kernel yang support untuk rom brem atau pjmod. saya berharap bisa balikin default proci ke 600mhz jd ga perlu app.
    dah nyoba super aosp tp kamera jd ga jalan.
    trim sebelumnya…

    device: a890
    rom: PJmod V2

     
  17. tw

    June 15, 2012 at 4:29 pm

    linux itu written from 0 gan. alias dibuat dari 0.

    linus trovalds bikin yg sama sekali baru. mirip iya tapi bukan based on UNIX. makanya dibilang UNIX LIKE

    cmiw.

     
  18. l4m3r

    September 6, 2012 at 1:48 am

    sy hanya mengomentari salah satu pernyataan anda di awal artikel anda yg ‘sebenarnya’ bagus ini:
    “Tulisan ini dibuat dalam bahasa Indonesia. Kenapa ? Karena saya ingin semua pengguna Indonesia tidak dibodohi oleh orang-orang luar yang sok mengaku kalau mereka memahami Android dengan baik, padahal tidak!”
    maksudnya apa ya??
    apalagi jika keluar dari pikiran seseorang yang mengaku programmer😦
    anda pasti tau apa maksud saya..
    seorang programmer seharusnya memiliki pergaulan yang luas & lintas batas..
    sorry to say, saya jadi agak meragukan profesionalitas anda sebagai seorang programmer dude..

     
  19. Haris Ibrahim

    September 1, 2013 at 12:15 pm

    Tidak semua orang mengerti betul konsep Sistem Operasi, pun orang luar pun begitu. Banyak yang mengaku mengerti kernel dan mengakui bahwa kernel ini hasil compile dia. Padahal kernel source untuk handheld yang dimaksud tidak dikeluarkan oleh pabrikan. Jadi, bijak saja dalam menanggapi komentar atau pengakuan dari orang lain, baik dalam maupun luar negeri

     

Leave a Reply

 
